Pengaruh Corporate Social Responsibility, Return On Equity, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Subsektor Hotel, Restoran, dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022

Penulis

  • Nurul Dewi Rahmawati a:1:{s:5:"id_ID";s:27:"Universitas Bangka Belitung";}
  • Rulyanti Susi Wardhani Universitas Bangka Belitung
  • ML. Astri Prehtin Noviana Kementerian Keuangan

DOI:

https://doi.org/10.33019/ijab.v5i1.52

Kata Kunci:

Harga saham, Corporate Social Responsibility, return on equity, earning per share

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility, return on equity, dan earning per share terhadap harga saham pada perusahaan subsektor hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, return on equity berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dan earning per share tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan corporate social responsibility, return on equity, dan earning per share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan subsektor hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Dewi Rahmawati, N., Susi Wardhani, R., & Astri Prehtin Noviana, M. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Return On Equity, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Subsektor Hotel, Restoran, dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022. Indonesian Journal of Accounting and Business, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/ijab.v5i1.52