PENGARUH TAX AMNESTY TERHADAP PELAYANAN PAJAK DAN PENGETAHUAN PAJAK MELALUI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP KANWIL DJP SUMATERA UTARA I

  • Muhammad Arief Universitas Harapan Medan
  • Diena Fadhilah Politeknik Negeri Medan
Keywords: Tax Amnesty, Kepatuhan Wajib Pajak, Pelayanan Pajak, Pengetahuan Pajak

Abstract

Untuk mengetahui apakah tax amnesty secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap pelayanan pajak, pengetahuan pajak di KPP KANWIL DJP Sumatera Utara I dan  juga untuk mengetahui tax amnesty secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap pelayanan pajak, pengetahuan pajak di KPP KANWIL DJP Sumatera Utara I akan semakin kuat/lemah ketika Kepatuhan Wajib Pajak sebagai variabel Pemoderasi semakin tinggi/rendah. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah minimal sampel wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP DJP KANWIL Sumatera Utara I sebanyak 100 orang. Metode pemilihan sampel menggunakan insidental sampling, yaitu siapa yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti digunakan sebagai sampel serta cocok sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data penelitian adalah teknik kuesioner dengan skala likert.

Hasil uji SPPS adalah Variabel tax amnesty tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pelayanan pajak.. Variabel tax amnesty tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan pajak. Variabel tax amnesty dengan kepatuhan wajib pajak sebagai pemoderasi  terdapat pengaruh yang signifikan dan memperkuat terhadap pelayanan pajak akan semakin kuat ketika kepatuhan wajib sebagai variabel Pemoderasi semakin tinggi.. variabel tax amnesty dengan kepatuhan wajib pajak sebagai pemoderasi  tidak terdapat pengaruh yang signifikan dan mempelemah terhadap pengetahuan pajak akan semakin lemah ketika kepatuhan wajib sebagai variabel Pemoderasi semakin tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam penetapan kebijakan pajak untuk peningkatan pemasukan Negara dari sector pajak.

Published
2021-05-31