PENGARUH PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, AMBIGUITAS PERAN, KOMPENSASI KERJA, MOTIVASI KERJA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI ( STUDI PADA PT XINYUE ELEKTRONIKA TEKNOLOGI)

  • Hendarti Tri Setyo Mulyani
Keywords: Persepsi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Ambiguitas Peran, Kompensasi KErja, Motivasi KErja, Efikasi Diri, Kepuasan Kerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di PT XINYUE ELEKTRONIKA TEKNOLOGI seperti persepsi gaya kepemimpinan, budaya organisasi, ambiguitas peran, kompensasi kerja, motivasi kerja dan efikasi diri. Penelitian ini dirasa penting untuk mengevaluasi kepuasan kerja pegawai karena dari data yang diambil dari tahun 2018 sebanyak 15% karyawan mengundurkan diri dari perusahaan dengan berbagai alasan. Hasil akhir yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk melihat kondisi nyata yang terjadi di lingkungan perusahaan dan mengurangi tingkat ketidakpuasan pegawai di PT XINYUE ELEKTRONIKA TEKNOLOGI. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam upaya perbaikan manajemen dalam peningkatan kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan di perusahaan  PT XINYUE ELEKTRONIKA TEKNOLOGI di Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 80 kuesioner dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Alat uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian melalui uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel gaya kepemimpinan, budaya organisasi, kompensasi kerja, motivasi kerja dan efikasi diri terhadap kepuasan kerja pegawai. Hasil penelitian melalui uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif yang signifikan antara ambiguitas peran terhadap kepuasan kerja pegawai. Hal ini ditunjuukan dengan P-Value kurang dari 0.05% sehingga ho ditolak dan ha diterima. Hasil penelitian ini juga ditemukan bahwa dalam kurun waktu setahun terakhir sekitar sebanyak 15% karyawan keluar atas kemauan sendiri. Penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan keluar  bukan karena adanya ketidaknyamanan pada gaya kepemimpinan dan budaya organisasi, adanya ambiguitas peran dan ketidaksesuaian dengan kompensasi kerja serta kurangnya motivasi kerja dan efikasi diri di PT XINYUE ELEKTRONIKA TEKNOLOGI di Pangkalpinang.

Published
2021-05-31