Efektivitas Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai dan Bansos APBD dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Kampung Jeruk

Penulis

  • Putry STIE-IBEK Pangkalpinang

DOI:

https://doi.org/10.33019/ijab.v4i1.42

Abstrak

Fenomena yang saat ini melanda dunia, khususnya Indonesia yaitu Pandemi Covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan dan Pengaplikasian Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 sebagai dasar dari pelaksanaan program BLT Dana Desa dan mengetahui efektivitas BLT Dana Desa untuk mengurangi dampak kemiskinan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 agar bisa menjadi solusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Dalam penelitian ini, sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi yang diawali dengan wawancara lalu diperdalam dengan observasi serta dibuktikan dengan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan dan Pengaplikasian Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 telah dilakukan dengan sangat baik dan program BLT Dana Desa untuk mengurangi dampak kemiskinan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 agar bisa menjadi solusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah efektif. Hal ini dibuktikan dengan penilaian efektivitas dengan menggunakan 8 indikator untuk mengukur tingkat efektivitas. Dari 8 indikator terdapat 4 indikator yang dinyatakan bahwa sangat baik, 3 indikator dimyatakan baik dan 1 indikator yang dinyatakan cukup baik.
Transparansi dalam menetapkan kriteria Keluarga Penerima Manfaat berdasarkan Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020 sebagai dasar penetapan Keluarga Penerima Manfaat Dana Desa, telah dilaksanakan secara efektif dan transparan sangat penting untuk diperhatikan serta tingkat efektivitas Anggaran Dana Desa untuk BLT (Bantuan Langsung Tunai) sebagai bentuk kesejahteraan masyarakat di masa pandemi Covid-19 di Desa Jeruk Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Tri Setyo Mulyani, H. (2022). Efektivitas Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai dan Bansos APBD dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Kampung Jeruk. Indonesian Journal of Accounting and Business, 4(1), 50–60. https://doi.org/10.33019/ijab.v4i1.42